Pemilu Gorontalo 2024

KPU Kota Gorontalo Tunggu PKPU Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo Sukrin Thaib menuturkan pendaftar dan verifikasi berkas.

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Risman Taharuddin
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo Sukrin Thaib menuturkan pendaftar dan verifikasi berkas partai politik (parpol) sesuai dengan PKPU 3 akan dimulai 29 Juli 2022. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo Sukrin Thaib menuturkan pendaftar dan verifikasi berkas partai politik (parpol) sesuai dengan PKPU 3 akan dimulai 29 Juli 2022.

Sementara penetapan parpol peserta pemilu pada tanggal 14 Desember 2022 setelah verifikasi yang mengacuh pada PKPU. Kata Sukrin pendaftarannya terpusat ke simpul KPU RI.

Kata Sukrin, setelah proses tahapan pendaftar sesuai PKPU, pada Oktober akan masuk ke kabupaten kota untuk tahapan verifikasi parpol.

Parpol akan diverifikasi secara faktual itu terkait dengan pengurusan, keanggotaan, serta sekretariat di tingkat kabupaten kota atau divaktualisasi oleh KPU daerah.

KPU Kota Gorontalo masih menunggu Peraturan KPU terkait dengan pendaftaran dan verifikasi parpol.

"Kalau kami tidak salah, kemarin sudah ada rapat dengar pendapat (RDP) Komisi II DPR-RI, kita tinggal menunggu hasilnya. Apakah Rancangan PKPU sudah keluar, kita tunggu hasilnya," jelasnya, Jumat (8/7/2022).

"Rujukan untuk pendaftaran dan verifikasi faktual parpol itu ialah PKPU, maka kita tunggu dulu peraturan tersebut sebagai penjabaran dari Undang-undang No 7 sebagai rujukan kita untuk action terkait beberapa agenda ke depan, seperti halnya verifikasi administrasi, verifikasi parpol khususnya Kota Gorontalo," ujar dia.

Sukrin juga menambahkan, untuk saat itu KPU masih fokus untuk pemutakhiran data pemilih, seperti halnya yang dilakukan kemarin terkait dengan sosialisasi aplikasi mobile untuk data pemilih. Kegiatan KPU belum bersentuhan langsung dengan tahapan.

Secara keseluruhan tahapan di kabupaten kota itu bulan Agustus 2022. "Mulai dari verifikasi parpol, Oktober kita masuk pemutakhiran data pemilih dan verifikasi parpol. Antara November atau Desember itu akan dilangsungkan perekrutan Badan Adhoc sebagai penyelenggara PPK, PPS, itu tahapan yang akan ada di tahun ini," ujarnya.

"Kita tunggu saja regulasinya, PKPU yang keluar. Artinya ketika PKPU itu keluar maka akan diikuti dengan sosialisasi peraturan KPU terkait dengan pendaftaran dan verifikasi parpol. Pastinya akan kami sosialisasikan ke parpol-parpol," tandasnya. (*)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved