Ikan Gabus Danau Limboto Kerap Dibeli Untuk Keperluan Kesehatan di Gorontalo

Ikan Gabus Danau Limboto banyak dijual dipasar pasar tradisional, serta di pinggiran jalan yang berada dekat Danau Limboto.

TribunGorontalo.com
Pedagang menyebutkan Ikan Gabus Danau Limboto kerap dibeli untuk pereluan kesehatan di Gorontalo 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Ikan gabus adalah spesies ikan air tawar yang sebagian besar bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah indonesia salah satunya di Provinsi Gorontalo, salahsatunya Ikan Gabus Danau Limboto.

Ikan Gabus Danau Limboto banyak dijual dipasar pasar tradisional, serta di pinggiran jalan yang berada dekat Danau Limboto.

Pedagang ikan Gabus Danau Limboto, Lexi (41) yang berada di Jalan Reformasi Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo mengatakan, Ikan gabus yang dijual banyak dibeli untuk keperluan kesehatan.

Gabus sendiri dipercaya masyarakat memiliki beberapa manfaat seperti mempercepat menyembuhkan luka, mengobati diabetes, dan memperbaiki gizi untuk anak anak.

“Kalo yang beli di sini banyak khususnya digunakan untuk pengobatan seperti penyembuhan luka, diabetes, dan untuk anak anak yang mengalami kekurangan gizi,” kata Lexi.

Ia mengungkapkan, dalam sehari dirinya dapat menjual hingga puluhan ekor tergantung kebutuhan masyarakat.

“Kalau saja jualnya sehari itu tidak menentu, rata rata jualan nya 10 hingga 20 ekor dalam sehari,” tambah dia.

Harga yang dipatok pun bermacam macam tergantung ukuran dari ikan jenis gabus tersebut berada pada angka Rp 50-100 Ribu per ekornya.

Pembelinya pun bahkan berasal dari berbagai Kabupaten dan kota Gorontalo yang melintasi jalan tersebut.

“Kalo yang beli itu bahkan ada yang dari Gorut, Kota Gorontalo , siapapun yang lewat sini pasti singa apalagi mereka perlu,” kata dia.

Lexi mengatakan, gabus yang ia jual merupakan ikan gabus yang hidupnya liar tidak dibudidaya, ia mempercayai ikan gabus liar memiliki tingkat gizi yang tinggi.

Dikutip dari halaman hallosehat.com kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan gabus antaranya, Air: 79,6 gram, Kalori: 80 kkal,Protein: 16,2 gram, Lemak: 0,5 gram,Karbohidrat: 2,6 gram, Serat: 0,0 gram,Kalsium: 170 miligram, Fosfor: 139 milligram, Zat besi: 0,1 miligram, Natrium: 65 miligram, Kalium: 254 miligram, Tembaga: 0,3 miligram, Seng: 0,4 miligram, Retinol (Vit. A): 335 mikrogram, Thiamin (Vit. B1): 0,4 miligram, Riboflavin (Vit. B2): 0,2 miligram, Niacin (Vit. B3): 0,1 miligram. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved