Siswa SMPN 3 Mananggu di Dusun Terpencil Gorontalo Ujian Pakai Android

Sebanyak 29 orang siswa dan siswi SMPN 3 Satu Atap (Satap) Mananggu mengikuti ujian Penilian Akhir Tahun (PAT) tahun ajaran 2021-2022.

Penulis: redaksi | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Ronald Rampi
Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) di SMPN 3 Mananggu menggunakan sistem komputer, Senin (6/6/2022). 

Laporan Ronald Rampi, wartawan TribunGorontalo.com dari Boalemo

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta -  Sebanyak 29 orang siswa dan siswi SMPN 3 Satu Atap (Satap) Mananggu mengikuti ujian Penilian Akhir Tahun (PAT) tahun ajaran 2021-2022 serentak yang diselenggarakan di seluruh sekolah se-Kabupaten Boalemo pada Senin (6/6/2022) pagi.

Ada hal menarik yang berlangsung di sekolah yang berlokasi di Dusun Botuliyodu, Desa Bendungan, Kecamatan Mananggu tersebut.

Dimana, di sekolah ini para siswa mengikuti ujian menggunakan aplikasi Computer Basis Test (CBT). Sebuah aplikasi yang kerap digunakan dalam ujian atau test masuk perguruan tinggi, ujian akhir, rekrutmen CPNS dan beberapa test lainnya. 

Dengan aplikasi ini, para siswa menggunakan laptop, komputer atau android sebagai pengganti lembar soal dan jawaban. Dan pengumumannya pun dapat langsung dilihat setelah ujian selesai.

Kepala SMPN 3 Satap Mananggu, Yulin Kadir kepada TribunGorontalo.com mengungkapkan, penggunakan aplikasi CBT dalam konteks PAT barulah diberlakukan di sekolahnya.

Penggunaan aplikasi ini memang sudah kerap dilakukan pada momen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan moment Ujian Akhir bagi kelas IX menjelang kelulusan. 

Namun untuk kali ini, pihaknya pun mulai menerapkan penggunaan aplikasi tersebut pada ujian kelas VII dan kelas VIII.

"Tujuannya adalah untuk memperkenalkan sistem informasi berbasis IT kepada seluruh peserta didik. Sehingga, mereka tidak akan canggung ketika akan menghadapi ujian akhir," bebernya.

Ditambahkannya, ada beberapa tujuan lain terkait dengan penggunaan aplikasi CBT ini. Pertama, pihak sekolah mulai menerapkan visi tentang sekolah ramah dan berwawasan lingkungan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved