Gorontalo Karnaval Karawo

Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Digelar Indoor, Tak Ada Parade Jalanan

Nou dan Uti akan menggunakan pakaian dari sulaman karawo. Pakaian biasanya bernuansa megah dan unik.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/WawanAkuba
Dua master of ceremoni (MC) membuka festival Gorontalo Karnaval Karawo, Senin (6/6/2022) di Gedung GCC Kota Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Berbeda dengan tahun-tahun kemarin, Gorontalo Karnaval Karawo hanya digelar dalam gedung (indoor). 

Padahal biasanya, karnaval ini ditunggu-tunggu masyarakat karena adanya parade dan peragaan busana karawo yang diikuti pemerintah daerah, perbankan dan pelaku usaha.

Biasanya parade menampilkan para Nou-Uti (sebutan pria dan wanita di Gorontalo). 

Nou dan Uti akan menggunakan pakaian dari sulaman karawo. Pakaian biasanya bernuansa megah dan unik.

Festival ini juga biasanya melibatkan ratusan hingga ribuan orang baik dari kalangan pelajar, pemerintah setempat dan masyarakat umum

“Namun untuk tahun ini Festival tersebut tidak dilaksanakan dalam bentuk Parade, namun dalam bentuk Hybrid dan Indoor serta menerapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat,” ungkap Rifli Katili, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Senin (6/6/2022). 

Namun kata dia, tetap melibatkan peserta daerah kabupaten dan kota Se-Sulawesi, para pengrajin kain daerah, desainer fashion dan para pelaku UMKM yang berasal dari daerah kabupaten dan kota se-Sulawesi.

Pantauan TribunGorontalo.com, acara itu digelar di gedung Gorontalo Convention Center (GCC) Jl. Drs. Achmad Nadjamuddin, Limba U Dua, Kota Selatan, Kota Gorontalo.

Festival Gorontalo Karnaval Karawo akan digelar selama tiga hari, yakni 6-8 Juni 2022.

Pada hari kedua nanti, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan menghadirkan event tahunan Gorontalo Karnaval Karawo 2022. 

Pria yang memiliki darah Gorontalo itu dijadwalkan akan menjadi moderator kegiatan Karawo Youth Camp pada 7 Juni 2022 nanti. 

Adapun diskusi tematik yang akan dimoderatori Sandiaga itu menghadirkan Ketua Gemawira Indonesia Diantri Lapian.

Juga akan dihadiri Ketua Gemawira Canada & the Best Desainer Otawa Canada Award 2021 Entin Gartini, serta Ketua Gemawira New York and Global Fashion Producers Dina Fatimah. 

Lalu akan hadir Penasehat Kota Kreatif, Anggota DPR-RI Komisi X, dan perbankan dalam mendorong digitalisasi produk karawo dan perluasan pasar.

“Saya berharap, event ini mampu membangkitkan pariwisata Gorontalo, serta dapat membangkitkan ekonomi, terutama dalam hal perluasan lapangan usaha untuk pelaku ekonomi kreatif (ekraf),” ungkap Sandiaga.  (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved