ADV Pemkab Pohuwato

Kembali Raih WTP, Pemkab Pohuwato Pertahankan Predikat dari BPK-RI Sejak 2013 Hingga 2021

Opini WTP ini merupakan kali ke-9 yang diraih oleh Pemkab Pohuwato secara berturut-turut sejak tahun 2013 silam.

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Penyerahan Opini WTP ke Pemerintah Pohuwato, Sabtu (27/5/2022). 

Laporan Ronal Rampi, Jurnalis TribunGorontalo.com Wilayah Boalemo-Pohuwato

TRIBUNGORONTALO.COM, Marisa - Pemerintah Kabupaten Pohuwato dibawah kepemimpinan Bupati Saipul A.Mbuinga dan Wakil Bupati Suharsi Igirisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Gorontalo atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2021.

Opini WTP ini merupakan kali ke-9 yang diraih oleh Pemkab Pohuwato secara berturut-turut sejak tahun 2013 silam.

Penyerahan dokumen laporan hasil pemeriksaan (LHP) tersebut diterima Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga dan Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi dan didampingi Wakil Bupati, Suharsi Igirisa yang diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, Dwi Sabardiana di Auditorium BPK, Sabtu(28/5/2022).

Hadir pada kesempatan itu Sekda Iskandar Datau, Inspektur Daerah, Trizal Entengo, Kepala BKD, FItriani Lasantu. 

Diketahui, penyerahan LHP atas laporan keuangan pemerintah daerah kabupaten pohuwato bersamaan dengan Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Gorontalo Utara, dan ketiganya mendapatkan opini WTP.

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga mengatakan, Pemkab Pohuwato telah melaksanakan kewajiban untuk menyerahkan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo.

Sebelumnya, BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo juga telah melaksanakan pemeriksaan terinci terhadap laporan keuangan Pemkab Pohuwato.

Mantan Wakil Ketua DPRD Pohuwato itu meyakini, kegiatan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK-RI memiliki tujuan guna menilai dan mengukur kepatuhan pemerintah daerah terhadap standar akuntansi pemerintah, transparansi pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan serta penerapan sistem pengendalian internal pemerintah.

Saipul menyampaikan, Pemkab Pohuwato pun telah meraih 9 kali WTP berturut-turut atas pemeriksaan laporan keuangan sejak tahun anggaran 2013 hingga tahun 2021.

“Keberhasilan tersebut tentunya tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di kabupaten pohuwato serta adanya bimbingan dan pembinaan dari pihak pemeriksa," ungkap Saipul.

Oleh karenanya, Bupati Saipul juga menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo dan semua pihak yang telah memberikan pembinaan, kepercayaan serta kerjasama dan sinergitas.

"Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) sebagai opini terbaik dalam audit laporan keuangan yang telah diberikan BPK ke Pemerintah Kabupaten Pohuwato dapat menjadi motivasi kami untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah di tahun-tahun berikutnya," harap Bupati Saipul.(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved