Boalemo Ganti Bupati

Prosesi Moloopu: Hendriwan Dijemput dari Kamar Tidur lalu Diantar ke Rumah Jabatan

Penjabat Bupati Boalemo Hendriwan mengikuti prosesi adat Moloopu pada Senin (23/5/2022).

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Ronald Rampi
Pj Bupati Boalemo Hendriwan (selendang kerawang) menjalani proses adat Moloopu di rumah jabatan Bupati Boalemo, Senin(23/5/2022). 

Laporan Ronald Rampi, wartawan TribunGorontalo.com dari Boalemo

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Penjabat Bupati Boalemo Hendriwan mengikuti prosesi adat Moloopu pada Senin (23/5/2022). Moloopu adalah upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi ke rumah dinas jabatan. 

Dari pantauan TribunGorontalo.com, Hendriwan bersama istri dan seorang putra dijemput oleh para pemangku adat dari rumah dinas Wakil Bupati Boalemo.

Sejumlah prosesi adat diikuti oleh Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri itu. Mulai dari penjemputan adat dari kamar tidur, menuju ruang tamu hingga dihantar menuju rumah dinas jabatan Bupati Boalemo menggunakan kendaraan roda empat.

Sesampainya di rumah dinas jabatan Bupati, Hendriwan bersama istri disambut oleh pasangan nou dan uti (putri dan putra) Kabupaten Boalemo yang kemudian mengalungkan selendang kerawang serta disusul genderang adat dan tarian langga.

Didampingi mantan Bupati Darwis Moridu dan mantan Bupati Anas Jusuf, Hendriwan bersama istri diperkenankan untuk memasuki dan menempati rumah dinas jabatan Bupati tersebut. 

Menanggapi seluruh rangkaian prosesi adat penjemputannya tersebut, Pj Bupati Hendriwan mengaku bangga dan terharu.

Dia mengaku, belum pernah mengikuti proses penyambutan adat seperti yang dia temukan di Kabupaten Boalemo saat ini. "Saya sangat bangga dan haru bisa disambut secara adat begini. Ini adalah hal yang luar biasa," ucapnya.

Hendriwan resmi menjabat sebagai Pj Bupati Boalemo setelah dilantik oleh Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer pada Minggu(22/5/2022).

Hendriwan diangkat berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri nomor : 131.75/1179/2022 tanggal 12 Mei 2022. (*)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved