Gempa Gorontalo

BPBD Boalemo Ingatkan Penerapan Desa Tangguh Bencana

Pascagempa bumi berkekuatan 4,9 SR di Boalemo pada Senin (16/5/2022) sekira pukul 18.13 WITA, belum ada laporan terkait dengan kerusakan.

Editor: lodie tombeg
BPBD Boalemo Ingatkan Penerapan Desa Tangguh Bencana
TribunGorontalo.com/Ronald Rampi
Hidayat Lamsu, Sekretaris BPBD Kabupaten Boalemo

Laporan: Ronald Rampi, wartawan TribunGorontalo.com dari Kabupaten Boalemo

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Pascagempa bumi berkekuatan 4,9 SR di Boalemo pada Senin (16/5/2022) sekira pukul 18.13 WITA, belum ada laporan terkait dengan kerusakan ataupun korban jiwa akibat guncangan tersebut.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boalemo Hidayat Lamsu.

Saat dihubungi TribunGorontalo.com via telepon seluler, Hidayat menutur pihak belum menerima laporan terkait dengan ada adanya kerusakan ataupun korban jiwa akibat dampak dari gempa bumi.

"Alhamdulilah, hingga kini kami belum menerima adanya laporan tentang dampak bencana. Sehingganya bisa disimpulkan bahwa situasi dan kondisi Boalemo pasca kejadian gempa dalam kondisi aman terkendali," ungkap Hidayat.

Hidayat yang juga merupakan mantan Camat Mananggu ini mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Boalemo untuk dapat tetap berwaspada. Mengingat bahwa bencana adalah kejadian yang tidak pernah terduga.

"Masyarakat harus tetap tenang, namun perlu juga selalu waspada. Bila terjadi bencana secara mendadak, masyarakat harus mengikuti berbagai arahan dan petunjuk penanggulangan bencana yang sudah disosialisasikan," pesannya.

Apalagi kata Hidayat, setiap desa di Boalemo telah dibentuk Desa Tanggap Bencana. Artinya, semua desa telah dibekali cara ataupun langkah dalam menanggapi bencana hingga alur evakuasi. "Alhamdulilah untuk gempa hari ini tidak berpotensi tsunami," ujar Hidayat.

Sesuai data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terungkap bahwa gempa bumi berkekuatan 4,9 SR terjadi pada Senin(16/5/2022) sekira pukul 18.13 WITA berlokasi di 0.56 LU, 122.14 BT (23 km BaratLaut Boalemo-Gorontalo) pada kedalaman 77 km.

Meski goncangan tidak terlalu keras, namun gempa bumi tersebut menimbulkan kepanikan warga. Sehingga beberapa diantara warga berlari mengamankan diri. (nal)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved