Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini Cuaca BMKG Jumat 6 Mei 2022: Gorontalo Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin

Gorontalo bersama beberapa provinsi lainnya di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Jumat (6/5/2022).

Editor: lodie tombeg
Tangkapan layar video live Facebook TribunGorontalo.com
(Ilustrasi) Hujan menggenangi Jalan Kenangan, Kelurahan Dulalowo Timur, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Rabu (23/3/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM - Gorontalo bersama beberapa provinsi lainnya di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Jumat (6/5/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini cuaca yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada Jumat (6/5/2022) besok.

Dikutip Tribunnews.com dari laman resmi bmkg.go.id, terdapat sirkulasi siklonik yang terpantau di perairan utara Aceh, di Laut Banda dan di perairan sebelah utara Papua Barat.

Sirkulasi tersebut membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di Selat Malaka, di perairan sebelah utara Aceh, di Riau bag timur, di Semenanjung Malaysia dan daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Aceh, di Sumatera Utara, di Sumatera Barat, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tengah, di Papua Barat dari Laut Timor hingga Laut Flores.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Pesisir barat Sumatera Barat, di Jawa Barat bag selatan, di NTB, di Laut Natuna, di Kalimantan Barat bag selatan, dari Sulawesi Tengah hingga Selat Makassar, di Maluku, di Laut Flores, di Laut Timor, di Laut Arafuru dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut ini daftar wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:


- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Lampung

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved