Makna di Balik Stempel Waktu 09.41 Pada Materi Iklan iPhone

Dikutip dari kompas.com, ternyata pemilihan waktu 09.41 bukanlah sebuah kebetulan atau sesuatu yang dipilih secara acak.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Istimewa
Ilustrasi peluncuran iPhone. 

TRIBUNGORONTALO.COM – Produk Apple, iPhone menjadi ponsel yang paling ingin dimiliki oleh kebanyakan orang. Namun, apakah ada yang menyadari kenapa materi pada iklan iPhone menunjukan pukul 09.41?

Dikutip dari kompas.com, ternyata pemilihan waktu 09.41 bukanlah sebuah kebetulan atau sesuatu yang dipilih secara acak.

Usut punya usut, angka 09.41 itu merupakan waktu bersejarah bagi Apple.

Sebab, pada 9 Januari 2007 pukul 09.41, pendiri Apple, Steve Jobs resmi memperkenalkan iPhone generasi pertama untuk yang pertama kalinya ke hadapan publik.

Kala itu, iPhone generasi pertama diperkenalkan dalam ajang MacWorld di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Menurut mantan senior Apple, Scott Forstall, waktu 09:41 yang sengaja ditampilkan di setiap layar produk Apple, dipilih sebagai pengingat waktu untuk kelahiran perangkat fenomenal ini.

Menariknya, waktu 09.41 itu tak sekadar menjadi simbol pengingat atau pemanis foto iklan produk Apple saja.

Dalam acara perkenalan produk, Apple turut mendesain sesi presentasi produk sedemikian rupa agar waktu 09.41 dapat menjadi satu alur cerita yang masuk akal.

"Kami selalu mengatur sesi keynote (presentasi) produk untuk berlangsung selama 40 menit. Setelah itu, kami akan menunjukkan produk secara resmi (yang mana itu adalah menit ke-41)," kata Forstall, sebagaimana dirangkum dari Engadget.

Nah, ketika gambar besar produk muncul di layar, kata Forstall, Apple ingin waktu yang ditampilkan mendekati waktu sebenarnya pada jam tangan penonton.

"Tapi kami tahu, kami tidak akan mencapai 40 menit dengan tepat," kata Forstall.

Maka dari itu, supaya lebih aman, Forstall menjelaskan, Apple menambahkan satu atau dua menit ekstra untuk jeda waktu bila ada sedikit penundaan selama presentasi produk.

Steve Jobs perkenalkan iPhone mulai 09.41

Waktu ajaib 09.41 tersebut juga dipilih berdasarkan durasi waktu presentasi produk yang dilakukan oleh Jobs.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved