MotoGP

Kalkulasi Peluang Marc Marquez Menang di MotoGP Spanyol 2022

Marc Marquez tak memiliki ritme balap yang konsisten. Marc pun sulit untuk dipredikasikan meraih kemenangan di MotoGP Spanyol 2022.

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Ist
Marc Marquez Pembalap Repsol Honda 

TRIBUNGORONTALO.COM - Marc Marquez tak memiliki ritme balap yang konsisten. Marc pun sulit untuk dipredikasikan meraih kemenangan di MotoGP Spanyol 2022.

Demikian menurut Alex Rins. Marc Marquez menempati posisi start yang strategis untuk balapan MotoGP Spanyol 2022 di Sirkuit Jerez, Minggu (1/5/2022) malam WIB.

Pebalap asal Spanyol berjuluk The Baby Alien itu berada di baris kedua, tepatnya posisi kelima. Marc Marquez pun memiliki peluang untuk menambah catatan kemenangan di Sirkut Jerez menjadi empat.

Sebelum ini, rider Repsol Honda tersebut pernah merebut podium pertama di Jerez pada musim 2014, 2018, dan 2019.

Marquez memang berpeluang, tetapi pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins mengesampingkan kompatriotnya itu dari persaingan untuk merebut kemenangan.

Bukan tanpa alasan, Rins sudah menganalisis performa Marquez selama MotoGP Spanyol 2022 bersama timnya. Menurut Rins, Marquez tidak menunjukkan ritme yang cukup baik untuk memenangi balapan.

"Saya pikir begitu, Marquez tidak memiliki ritme yang baik dari apa yang telah kami lihat," ucap Rins, dikutip dari Motosan. "Marquez akan bertarung karena dia memang tangguh, tetapi saya rasa itu bukan untuk kemenangan," Rins menambahkan. 

Marc Marquez memang kurang menggigit di MotoGP Spanyol, terutama pada hari pertama, Jumat (29/4/2022). Dia tercecer di peringkat ke-19 dalam hasil gabungan latihan bebas/free practice (FP) pertama dan kedua.

Crash beruntun di FP2 menjadi penyebab pemilik enam gelar juara dunia kelas utama itu tak bisa memaksimalkan catatan waktu.

Namun, sehari menjelang balapan alias Sabtu (30/4/2022), Marc Marquez menunjukkan peningkatan pesat.

Dia berhasil menyodok ke urutan keempat pada FP3, yang membuatnya lolos langsung ke kualifikasi kedua (Q2) untuk memperebutkan pole position.

Pada sesi kualifikasi, Marquez mencatatkan waktu 1 menit 37,145 detik, menempatkannya di posisi kelima.

Sementara itu, Alex Rins akan memulai balapan MotoGP Spanyol jauh di belakang Marquez, tepatnya dari urutan ke-14. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Analisis Alex Rins: Marc Marquez Takkan Menang di MotoGP Spanyol 2022"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved