Breaking News:

Masyarakat Tanggidaa Mulolo Mulai Siapkan Tumbilotohe

Tradisi malam pasang lampu atau tumbilotohe merupakan tradisi yang ada di Gorontalo, yang dilaksanakan selama tiga hari sebelum berakhir ramadan.

TribunGorontalo.com
Masyarakat Tanggidaa Mulolo mulai memasang tiang-tiang persiapan tumbilotohe 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Masyarakat yang tergabung dalam masyarakat Tanggidaa Mulolo, tengah mempersiapkan tradisi malam pasang lampu atau dikenal istilah tumbilotohe di jalan Hos Tjokroaminoto Limba U1 Kota Gorontalo, Minggu (17/4/2022).

Tradisi malam pasang lampu atau tumbilotohe merupakan tradisi yang ada di Gorontalo, yang dilaksanakan selama tiga hari sebelum berakhir ramadan.

Pantauan TribunGorontalo.com, persiapan sudah mulai terlihat seperti yang dilakukan masyarakat yang tergabung dalam Tanggidaa Mulolo.

Deretan tiang besi berukuran 5,50 meter menjulang tinggi dan salin terhubung untuk dipasangkan lampu hias.

Muliyono Djafar selaku bendahara dalam kegiatan pasang lampu, yang dilaksanakaan di jalan Hos Tjokroaminoto tersebut pada TribunGorontalo.com menjelaskan, tahun ini pihaknya merencanakan jarak yang akan di pasangan lampu itu berjarak kurang lebih 400 meter.

Target lampu botol yang akan di pasang pada perayaan tumbilotohe ini berjumlah lima ribu botol.

"Tahun ini kami menargetkan sekitar 5000 botol, dan untuk jarak kita mulai dari masjid Al Anshor, hingga pertigaan toko Kimora," kata dia.

Ia menargetkan, perayaan tahun ini akan lebih semarak dari tahun kemarin, terlebih kemarin masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Saya menargetkan ini bakalan ramai. Karena kemarin pun kita tetap mengadakan tradisi dan perayaan ini, itu sudah terlihat ramai. Tentu kita pun akan tetap berpesan, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat," tutupnya. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved