Mengungkap Rahasia Kitab Optik, Temuan Besar Ibnu Al-Haitsam

Sejarah panjang sains tak lepas dari rasa penasaran manusia terhadap fenomena alam semesta. Ibnu Al-Haitsam adalah seorang matematikawan.

Editor: lodie tombeg
kompas.com
Alat optik untuk mengamati objek jauh. 

TRIBUNGORONTALO.COM – Sejarah panjang sains tak lepas dari rasa penasaran manusia terhadap fenomena alam semesta. Ibnu Al-Haitsam adalah seorang matematikawan dan astronom yang memberikan kontribusi signifikan untuk prinsip-prinsip optik dan eksperimen ilmiah.

Di Barat, dia dijuluki sebagai Alhazen. Pria bernama lengkap Abu Ali Al-Hasam Ibnu Al-Haitsam ini lahir pada 965 di Basra, Irak dan meninggal pada 1040 di Kairo, Mesir.

Ibnu Al-Haitsam sangat cinta pada ilmu pengetahuan sehingga dia memutuskan untuk berhijrah ke Mesir.

Di Mesir, dia melakukan penyelidikan mengenai aliran Sungai Nil serta menyalin buku-buku mengenai matematika dan falak.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan uang cadangan dalam menempuh perjalanan menuju Universitas Al-Azhar. Seiring berjalannya waktu, Ibnu Al-Haitsam menjadi seorang yang mahir dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan falsafah.

Dilansir Britannica, karya terpenting yang lahir dari pemikiran Ibnu Al-Haitsam adalah Kitab Al-Manazir (Kitab Optik). Kitab Optik menggabungkan eksperimen dengan penalaran matematis.

Karya ini berisi formulasi lengkap hukum pemantulan dan penyelidikan refraksi yang terperinci, termasuk eksperimen yang melibatkan sudut datang dan deviasi.

Selain itu, pembiasan dijelaskan dengan benar oleh cahaya yang bergerak lebih lambat di media yang lebih padat.

Karya-karya mengenai optik lainnya yang penting adalah termasuk Aw? Al-Qamar (Cahaya Bulan), Al-Hala Wa-Qaws Quzah (Halo dan Pelangi), Rat Al-Kusuf (Bentuk Gerhana; yang juga mencakup diskusi tentang kamera obscura), dan Al-Daw (Diskursus Cahaya).

Dalam Hall Shukuk fi Kitab Uqlids, Ibnu Al-Haitsam menyelidiki kasus-kasus tertentu dari teorema Euclid, menawarkan konstruksi alternatif, dan mengganti beberapa bukti tidak langsung dengan bukti langsung.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved