Fitur SOS iPhone Selamatkan Nyawa Pria Inggris Ini

Saat itu pada Maret 2022, ia tengah menikmati olahraga ekstrem yang digelutinya sejak 17 tahun lalu. Ia berseluncur seorang diri di sebuah gletser

Editor: Wawan Akuba
Fitur SOS iPhone Selamatkan Nyawa Pria Inggris Ini
TribunGorontalo.com/Ist
Tim Blakey dalam foto Instagramnya.

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Nyawa seorang pria Inggris bernama Tim Blakey berhasil diselamatkan, setelah ia menggunakan fitur dalam iPhone miliknya. 

Saat itu pada Maret 2022, ia tengah menikmati olahraga ekstrem yang digelutinya sejak 17 tahun lalu. Ia berseluncur seorang diri di sebuah gletser yang ada di pegunungan Alpen, Zermatt, Swiss.

Ia mengaku sangat menikmati aktivitasnya pada siang itu. Sialnya, saat mulai menuruni bukit berketinggian 10.000 kaki itu, ia mendadak terperosok ke dalam sebuah celah es. 

Kedalamannya bukan main, mencapai 5 meter. Dalam kondisi terjebak itu, ia tidak banyak melakukan hal penyelamatan. Sebab, tubuhnya hanya ditopang oleh jembatan es yang cukup tipis. 

Ia kesulitan menyelamatkan diri dalam kondisi itu. Satu-satunya yang ia lakukan adalah meraih ponsel iPhonenya. Namun, saat itu baterai ponsel itu tersisa

 Di tengah-tengah kondisi tersebut, Blakey mencoba untuk meraih iPhone miliknya. Seakan memperburuk keadaan, ia mendapati bahwa ponsel miliknya hanya memiliki sisa daya baterai 3 persen.

Namun hal tersebut tidak langsung membuat Blakey patah semangat. Pria berusia 41 tahun ini tetap mencoba menggunakan fitur Emergency SOS di ponsel Apple, yang memungkinkannya mengirim pesan ke orang lain yang didaftarkan ke kontak darurat, serta melakukan panggilan darurat.

Fitur bantuan tersebut kemudian diaktifkan dengan menekan tombol ON/OFF selama lima kali berturut-turut.

Usaha yang dilakukan Blakey membuahkan hasil. Fitur panggilan darurat yang terdapat di iPhone berhasil memanggil tim penyelamat "Swiss Rescue" melalui koneksi jaringan 3G, disusul dengan upaya penyelamatan Blakey dari lubang.

Usai diangkat dari lubang, Blakey segera dilarikan ke rumah sakit untuk melakukan penanganan terhadap cedera pergelangan kaki yang dideritanya. Ia tiba dengan selamat di London di malam yang sama pasca-insiden tunggal tersebut.

Blakey kemudian turut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada tim penyelamat Swiss Rescue dan juga Apple yang telah berhasil menyediakan layanan bantuan di tengah-tengah kondisi genting.

Ungkapan syukur tersebut disampaikan melalui sebuah posting yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

"Terakhir, terima kasih kepada @apple, (terutama pada) fitur 5 klik di tombol samping mereka yang menyambungkan ke layanan darurat - (fitur tersebut) bekerja dengan baik walau layar sedang terus-menerus ditetesi air, dan kepada operator seluler karena memberi saya koneksi 3G dan (terima kasih) baterai 3 persen saat berada 5 meter di bawah es," tulis Blakey. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved