Launching Tribun Gorontalo

Wakil Menteri Desa: Dari 72 Ribu Desa, Baru 21 Ribu yang Punya Website Desa

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan masih rendahnya kesadaran.

Penulis: Apris Nawu | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com
Tangkapan layar Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi pada talkshow nasional, Kamis (17/3/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo -- Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan masih rendahnya kesadaran kepala dan perangkat desa di Indonesia membuat situs resmi desa.

Merujuk data Kemendes, tahun 2021, dari 72 ribu desa di 34 provinsi, masih sekitar 21 ribu desa yang memiliki website resmi.

"Itupun yang update kurang dari 1000 desa," kata Wamen saat jadi pembicara webinar di launching virtual portal berita digital TribunGorontalo.com Kamis (17/3/2022).

Webinar ini mengusung tema Digitalisasi dan Desa Wisata di Provinsi Gorontalo.
Padahal menurut Wamen, pemerintah pusat sudah mengalokasikan dana khusus untuk membuat situs resmi desa.

"Bikin website desa itu murah kok, sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta. Sudah ada templatenya, dan bisa pakai
anggaran desa," ujarnya.

Wamen menyebut, salah satu indikator desa bisa beradaptasi dengan era digital ini antara lain desa mengelola informasi dan menyampaikan data dan kegiatan desa, melalui wesite dan media sosial.

Menanggapi pernyataan dari kementerian, Asisten II Gubernur Gorontalo Sulthan Rusdi, pun curhat.

"Desa mau bikin desa digital lebih banyak, bikin website namun desa kami di Gorontalo, masih banyak blank spot, BTS jaringan masih susah," ujarnya.

Secara administratif Kabupaten Gorontalo terdiri dari 191 desa dan 14 kelurahan.
Ke-191 desa ini berada di 19 wilayah kecamatan yang tersebar di 5 kabupaten dan 1 kota.

Mewakili gubernur, Sultan Rusdi berharap pemerintah pusat, termasuk kementerian desa, kementerian informasi dan komunikasi, BUMN telkomunikasi memberi perhatian lebih.

"Kami terus berkoordinasi dan mengusulkan tambahan 40 BTS di Gorontalo. Semoga secara bertahap bisa terealisir," ujarnya.

Hal senada juga dikemukakan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

"Desa-desa wisata, dan desa digital kita semakin banyak, tapi baru 20 persen desa yang memiliki website, juga belum memiliki jaringan maksimal," ujar bupati melalui Kadis Pariwisata Gorontalo Syamsul Baharidin. (*)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved