Peneliti Temukan Galaksi Terbesar Alcyoneus Memuntahkan Gelombang Radio

Misteri tata surya tak pernah berakhir. Ilmuwan pun terus mengeplorasi berbagai galaksi untuk memecahkan rahasia alam angkasa luar.

Editor: lodie tombeg
kompas.com
Letak galaksi yang di tata surya 

TRIBUNGORONTALO.COM - Misteri tata surya tak pernah berakhir. Ilmuwan pun terus mengeplorasi berbagai galaksi untuk memecahkan rahasia alam angkasa luar.

Para ilmuwan telah menemukan galaksi terbesar yang pernah ada. Mereka belum mengetahui alasan mengapa galaksi itu begitu besar. Galaksi yang ditemukan itu diberi nama galaksi Alcyoneus.

Lebarnya sekitar 16,3 juta tahun cahaya dan diameter 160 kali lebih lebar dari Bima Sakti, galaksi yang ditinggali manusia. Seperti apa galaksi Alcyoneus, yang diklaim galaksi terbesar yang pernah ditemukan?

Dikutip BBC, 19 Februari 2022, Alcyoneous berjarak 3 miliar tahun cahaya dari Bumi, sehingga Anda hanya dapat melihatnya menggunakan peralatan khusus. Raksasa yang baru ditemukan ini adalah jenis galaksi radio.

Artinya, galaksi itu memiliki lubang hitam supermasif di tengahnya, yang menarik materi, cahaya, gas, dan energi ke arahnya, melahap dan memuntahkannya kembali. Materi yang dimuntahkan disebut plasma, gas panas yang dibuang ke luar angkasa. Saat melambat, ia mengeluarkan gelombang radio.

Baca juga: Pesawat NASA Masuki Korona Matahari, Parker Mampu Pantulkan Panas

Mereka menemukan Galaksi Alcyoneus melalui gelombang radio. Para ilmuwan mencari melalui data yang dikumpulkan oleh sesuatu yang disebut Low Frequency Array (LOFAR). LOFAR adalah jaringan sekitar 20.000 teleskop radio yang tersebar di 52 lokasi di Eropa. Teleskop radio ini menangkap gelombang radio yang dihasilkan oleh galaksi monster. Para ilmuwan melihat galaksi ini secara tidak sengaja.

Terlepas dari ukurannya, Alcyoneous tampaknya adalah galaksi yang benar-benar normal. Para peneliti pun mempelajarinya untuk dapat membantu memahami mengapa beberapa galaksi tumbuh begitu besar dan yang lain tidak. 

Dilansir dari Live Science, 17 Februari 2022, nama Alcyoneus diambil dari salah satu raksasa yang mitosnya melawan Hercules. Artinya adalah "keledai perkasa" dalam bahasa Yunani. Galaksi yang diklaim terbesar sebelumnya adalah IC 1101 yang membentang 3,9 juta tahun cahaya.

Namun, galaksi Alcyoneus ini memiliki lobus terbesar yang pernah ditemukan. Kendati demikian, para peneliti masih bingung, karena galaksi yang relatif biasa ini, di pusatnya mampu menumbuhkan gumpalan sangat besar.

Di luar gumpalan raksasa, galaksi Alcyoneus adalah galaksi elips normal. Massanya sekitar 240 miliar kali massa matahari (setengah dari Bima Sakti). Galaksi Alcyoneus memiliki lubang hitam supermasif pusat 400 juta kali massa matahari. Faktanya, pusat Alcyoneus berada di sisi kecil dibandingkan dengan kebanyakan galaksi radio.

Hingga saat ini, para peneliti masih mencari tahu apa yang menyebabkan ukuran Alcyoneus menggelembung. Informasi ini nantinya akan berguna untuk mengetahui bagaimana galaksi lain tumbuh.

"Jika ada karakteristik galaksi induk yang merupakan penyebab penting bagi pertumbuhan galaksi radio raksasa, maka induk galaksi radio raksasa terbesar kemungkinan akan memilikinya," tulis peneliti.

Demikian pula, jika ada lingkungan skala besar tertentu yang sangat kondusif untuk pertumbuhan galaksi radio raksasa, maka galaksi radio raksasa terbesar kemungkinan akan berada di dalamnya. Penemuan itu dipublikasikan di jurnal Astronomy & Astrophysics, 11 Februari 2022 lalu, di server pracetak arXiv. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Galaksi Alcyoneus, Galaksi Terbesar yang Ditemukan, Membuat Ilmuwan Bingung"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved