Ramai-ramai Nonton Tes Pramusim MotoGP Mandalika dari Bukit

Menonton tes pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit. Begitulah aktivitas warga Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), di sekitar Sirkuit Mandalika.

Editor: lodie tombeg
KOMPAS.com/Hafidz Imaduddin
Warga menonton tes pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit yang terletak sisi kiri area depan Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Mataram - Menonton tes pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit. Begitulah aktivitas warga Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), di sekitar Sirkuit Mandalika.

Salah satu warga tersebut adalah Dedi. Lokasi Dedi menonton terbilang sangat strategis. Sebab, bukit tersebut terletak tepat di depan (arah pandang dari pintu masuk) Sirkuit Mandalika. Dari pengamatan Kompas.com, perjalanan menuju bukit tempat Dedi menonton tes pramusim dari Sirkuit Mandalika tak begitu jauh.

Setelah melewati pintu keluar Sirkuit Mandalika, Kompas.com berbelok ke kiri, ke jalan yang mengarah ke Bundaran Tri Putri. Baca juga: Dirut MGPA: Cuaca Dibiarkan Alami Selama Tes Pramusim MotoGP di Mandalika Setelah sekitar dua menit, Kompas.com berbelok ke kanan ke arah Jl. Rangkap 2.

Dari situ Kompas.com sudah melihat jalan masuk yang bisa digunakan untuk menuju bukit tempat Dedi menonton tes pramusim. Setelah memarkir motor, Kompas.com berjalan mendaki sekitar satu menit sampai akhirnya bertemu dengan lokasi Dedi.

Baca juga: Ini Daftar 24 Pebalap dari 12 Tim di Ajang MotoGP 2022

Ketika sampai, Kompas.com sudah melihat puluhan warga berbagai umur mulai dari anak-anak hingga ibu-ibu yang asik menonton atau sekadar foto-foto. Kompas.com juga bisa melihat Tikungan 15, 16, dan 17 Sirkuit Mandalika ketika pertama kali sampai di bukit tempat Dedi menonton.

Kepada Kompas.com, Dedi mengaku tinggal di sekitaran Bundaran Senggung Mandalika. Dikutip dari Google Maps, jarak antara Bundaran Senggung menuju Sirkuit Mandalika mencapai 2,8 kilometer. Dedi mengaku sengaja naik motor dari rumahnya menuju Sirkuit Mandalika untuk menonton tes pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit.

"Saya naik motor dari rumah. Mau nonton di sini mumpung masih gratis," kata Dedi kepada Kompas.com. Dalam perbincangannya dengan Kompas.com, Dedi juga menjelaskan bagaimana situasi area bukit ketika World Super Bike (WSBK) pada November tahun lalu.

Menurutnya, bukit tempat dia menonton tes pramusim MotoGP ditutup dan dijaga ketat oleh petugas keamanan ketika WSBK Mandalika 2021 berlangsung. "Waktu WSBK kemarin bukit ini ditutup. Jalan-jalan kecil di sekitaran Sirkuit Mandalika juga ditutup. Banyak petugas keamanan di sini," ujar Dedi.

"Dulu ada warga yang sempat menonton dari atas pohon di sekitar Sirkuit Mandalika. Namun, beberapa pohon sekarang sudah ditebang," ucap Dedi.  Lebih lanjut, Dedi memprediksi bukit tempatnya menonton tes pramusim juga akan ditutup pada saat MotoGP Indonesia akhir Maret mendatang. Atas dasar prediksi itulah Dedi menyempatkan diri untuk menyaksikan tes pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit.

"Mungkin bukit ini juga akan ditutup waktu balapan bulan depan. Bisa saja lebih ketat. Jadi, mumpung masih gratis saya nonton sekarang," ujar Dedi. "Tiket MotoGP sangat mahal. Mungkin kebanyakan penonton balapan nanti (MotoGP Indonesia 2022) adalah turis asing," ucap Dedi menambahkan.

Dalam pantauan Kompas.com, bukit tempat Dedi menonton sudah ramai sejak hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 Mandalika, Jumat (11/2/2022). Warga sekitaran Sirkuit Mandalika masih memiliki waktu satu hari lagi untuk menyaksikan tes pramusim MotoGP 2022 yang akan berakhir pada Minggu (13/2/2022). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Warga Nonton Tes Pramusim MotoGP Mandalika dari Bukit: Mumpung Masih Gratis..."

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved