Peserta Saka Bahari SMA-SMK Bone Bolango-Gorontalo Dikenalkan Peralatan Tempur TNI AL

Sebanyak 87 siswa SMK/SMA di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo antusias mengikuti perekrutan anggota Satuan Karya Pramuka.

Penulis: Apris Nawu | Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
Siswi SMK/SMA di Kabupaten Bone Bolango antusias mengikuti perekrutan anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Bone Bolango pada Jumat (11/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suwawa - Sebanyak 87 siswa SMK/SMA di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo antusias mengikuti perekrutan anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Bone Bolango selama tiga hari itu pada Jumat (11/2/2022).

Di depan SMP 1 Suwawa Selatan tampak anak-anak berpakaian pramuka berbaris rapi sambil mendengarkan komando di depannya.

Satuan Karya Pramuka Bahari disingkat Saka Bahari adalah wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan serta dapat menjadi bekal dalam mengembangkan lapangan kerja. Terkhusus bagi siswa yang ingin masuk TNI AL.

Iskandar Mohamad Ibrahim biasa disapa dengan "kak Is" selaku Pimbina Saka Bahari itu mengatakan kepada TribunGorontalo.com, kegiatan ini pada dasarnya ada beberapa hal yang pertama mengasah potensi unsur kemaritiman kepada para generasi ke depan. 

120222-Pramuka
Sebanyak 87 siswa SMK/SMA di Kabupaten Bone Bolango antusias mengikuti perekrutan anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Bone Bolango pada Jumat (11/2/2022).

"Tujuannya mengasah potensi siswa-siswi SMK/SMA se- Bone Bolango. Agar mereka sudah siap dan tangguh karena kekuatan bangsa ini khususnya di wilayah Indonesia memiliki potensi kekuatan di laut yang begitu besar," jelas Is.

Baca juga: TNI AL Diperkuat Peluru Kendali yang Juga Dipakai AS, Begini Kecanggihan Rudal Naval Strike Missile

LANAL Gorontalo sangat mendukung kegiatan ini. "Kami mengajak anak-anak untuk melihat Kapal Perang TNI angkatan laut (AL)," kata Achmad Ghulam.

"Jadi hari Minggu kita ajak anak-anak untuk melihat bagaimana sih Kaliboto itu mungkin yang belum kenal kapal perang biar tahu ini loh Angkatan Laut kemudian kita juga dukung bukan cuma hanya tenda ya kita dukung bagaimana anak-anak itu bisa tahu tentang peralatan-peralatan tempur, peralatan tempurnya AL itu kita ajarin terus," ujarnya.

Selanjutnya mereka semuah diajarkan mengenal mesin-mesin peralatan kapal. "Mungkin yang lebih saya sangat berkesan itu kita menyelam karena menyelam itu rutinitas," kata Achmad.

Achmad juga menerangkan bahwa kegiatan Pramuka Saka Bahari ini sudah pasti tidak melupakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Peserta sudah di-swab, sehari sebelum kegiatan. "Alhamdulillah dari hasil swab semuanya negatif," kata dia. (apr)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved