Breaking News:

Ini Penyebab Trek Sirkuit Mandalika Berdebu hingga Berkerikil

Pebalap MotoGP mengeluhkan kondisi Sirkuit Mandalika yang kotor hingga treknya tak layak. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebut dua faktor.

Editor: lodie tombeg
Kompas.com
Proyek pembangunan jalan di bagian luar Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Mataram - Pebalap MotoGP mengeluhkan kondisi Sirkuit Mandalika yang kotor hingga treknya tak layak. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebut ada dua faktor yang menyebabkan lintasan Sirkuit Mandalika Kotor.

Sebagaimana diketehui, rangkaian hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika diwarnai dengan kibaran bendera merah alias red flag. Red flag dikibarkan setelah race director melihat bahwa kondisi lintasan Sirkuit Mandalika kotor dan berdebu. Para pebalap kemudian kembali ke garasi masing-masing, sedangkan petugas masuk ke lokasi untuk membersihkan lintasan.

Setelah lebih kurang satu jam dibersihkan menggunakan alat khusus, trek kembali dibuka dan para pebalap kembali ke lintasan balap. Lantaran sempat tertunda, tes pramusim MotoGP hari pertama di Sirkuit Mandalika mendapat tambahan waktu 45 menit.

Baca juga: Pebalap MotoGP Keluhkan Sikuit Mandalika, Espargaro: Treknya Belum Siap

"Penggunaan red flag pada Jumat kemari adalah dalam rangka menutup lintasan balap agar crew maintenance dapat memasuki lintasan dan melakukan pembersihan," ucap Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/2/2022).

"Penggunaan Bendera Merah merupakan sesuatu yang wajar dalam setiap kegiatan motorsport, bukan sesuatu yang di luar kebiasaan,” ujar Priandhi menambahkan. Soal kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang kotor, MGPA menyebutkan ada dua faktor yang melatarbelakanginya.

Pertama, lintasan kotor disebabkan karena berbagai pembangunan di luar lintasan, termasuk fasilitas penonton. Pembangunan di dalam area sirkuit juga turut "menyumbang" debu yang beterbangan jauh dibandingkan kondisi normal. Kemudian, faktor kedua adalah Sirkuit Mandalika sempat "menganggur" selama dua bulan setelah menyelenggarakan World Superbike (WSBK), November tahun lalu.

Kondisi itu menyebabkan banyaknya debu yang beterbangan saat dilewati para pebalap MotoGP. Dorna apresiasi aksi cepat tanggap panitia balapan MotoGP Mandalika Race Director Mike Webb dan Managing Director Dorna Carlos Ezpeleta menyatakan cukup puas dengan kondisi lintasan Sirkuit Mandalika setelah dibersihkan.

Keduanya memberi apresiasi kepada panitia penyelenggara balapan yang dinilai cukup tanggap dalam menyelesaikan persoalan. Baca juga: Saran Dorna Sports agar Lintasan Sirkuit Mandalika Tak Lagi Kotor Untuk selanjutnya, MGPA disarankan untuk melakukan pembersihan trek rutin setiap dua minggu, serta sering menggunakan sirkuit untuk event motorsport.

Hari kedua tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika Hari ini, Sabtu (12/2/2022), para pebalap kembali ke Sirkuit Mandalika untuk menguji kecepatan mereka dalam sesi tes pramusim.

Sesi tes telah dimulai pada pukul 08.00 WIB dan akan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Untuk sementara, hingga berita ini ditulis, Brad Binder (Red Bull KTM) masih memimpin. Dia mengungguli Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Penyebab Lintasan Sirkuit Mandalika Kotor"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved