Hadapi PON 2024, KONI Gorontalo Bahas Persiapan Porda-Porprov

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Gorontalo gelar rapat kerja persiapan Pekan Olahraga Provinsi Gorontalo.

Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo/ris
EVALUASI - Raker pengurus KONI Provinsi Gorontalo, Jumat (31/12/2021). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Gorontalo gelar rapat kerja persiapan Pekan Olahraga Provinsi Gorontalo (Porprov) bertempat di Green Q Hotel, Jumat (31/12/2021).

Fikram Salilama selaku Ketua KONI Provinsi Gorontalo mengatakan, seharusnya rapat kerja ini setiap tahun dilaksanakan, mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

"Di tahun 2020 KONI Provinsi tidak sempat melakasanakan raker, kami sudah siapkan anggarannya tapi karena perihal kondisi pandemi maka kami meniadakan raker tersebut. Sesuai edaran tidak dibolehkan adanya pertemuan. Kami sudah berkoordinasi dengan KONI Pusat, dan mereka mengarahkan jika kondisi tidak memungkinkan ada baiknya dilaksanakan via virtual. Namun kami fokus pada persiapam menghadapi PON 2021," tuturnya.

Pelaksanaan PON 2021, KONI diberi waktu yang panjang untuk melangsungkan persiapannya dan banyak pelatihan yang di gelar karena di tahun 2020. PON sempat tertunda, sehingganya tahun 2021 terlaksana dan semua berperan sesuai tupoksinya.

Baca juga: Rusli-Marten Apresiasi Masyarakat Gorontalo Disiplin Prokes Jelang Tahun Baru

"Wajib disyukuri dengan terselenggaranya PON 2021 di Jayapura Papua, prestasi kita di Gorontalo meningkat dibanding dengan pelaksanaan PON di Riau dan Jawa Barat. Kita hanya dapat 2 medali saat itu namun di Jayapura, Gorontalo berhasil meraih 5 medali secara resmi," ujar dia.

Keberhasilan tersebut, kata Fikram, bukan kehebatan Ketua KONI melainkan keseriusan pengurus dan pelatih pada cabang olahraga. "PON 2024 ke XXI sudah berada di depan mata, saya berharap rapat kerja pada hari ini serius membicarakan persiapan, apa kiat kita menghadapi PON tersebut," ujarnya.

Lanjut dia, tahun 2022 wajib melaksanakan Porprov. "Saya mengimbau kepada KONI daerah agar menseriusi hal ini agar pelaksanaan Porda bisa terlaksana tahun 2022 dengan sukses," katanya.

Kegiatan ini sebagai evaluasi KONI kabupaten/kota maupun provinsi dalam menghadapi PON 2024. "Tidak lama lagi, kita juga sementara mempersiapkan teman-teman kita yang tergabung dalam tim lima, mempersiapkan kita untuk menjadi calon tuan rumah bersama Sulteng dan ini menjadi satu kebanggaan bagi Provinsi Gorontalo jika hal ini berhasil, apalagi Gorontalo terhitung sebagai provinsi termudah," katanya.

"Kalau dipikir fasilitas kita masih kurang, tapi bagaimana keseriusan para pengurus KONI dan tim lima yang dibentuk bisa bekerja sama dan bergandengan tangan bersama KONI Sulawesi Tengah serta melakukan lobinya untuk menajadikan GOSULUTENG menjadi tuan rumah PON," ujarnya. (ris)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved