Ketum PBNU Akan Kritik Kebijakan Pemerintah Tak Berpihak kepada Umat

Nahdlatul Ulama siap mengkritik kebijakan pemerintah yang dirasa tak berpihak dengan kemaslahatan umat.

Penulis: lodie tombeg | Editor: lodie tombeg
(Tribunlampung.co.id/Deni Saputra)
BERDAMPINGAN - Gus Yahya (kanan) dan Said Aqil Siradj duduk berdampingan saat pemungutan suara Calon Ketum PBNU, Jumat (24/12/2021). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Nahdlatul Ulama siap mengkritik kebijakan pemerintah yang dirasa tak berpihak dengan kemaslahatan umat. Ini merupakan tanggung jawab para ulama dalam mengawal aspirasi yang sejati dari masyarakat.

Penegasan itu disampai Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. "Pasti. Hasil muktamar saja ada sejumlah hal yang kurang lebih kritis terhadap pemerintah," kata Gus Yahya dalam kanal Youtube CNN Indonesia, Kamis (30/12/2021). Adapun hasil tersebut, dikatakan Gus Yahya, yakni soal perubahan iklim yang memang sedang menjadi perhatian publik.

"Ini merupakan tanggung jawab para ulama dalam mengawal aspirasi yang sejati dari masyarakat kepada pihak mana pun, kepada pemerintah, partai politik, kepada kalangan mana pun," kata dia. Lebih lanjut, dia bicara bagaimana NU memiliki dimensi berlapis yang dipisahkan antara NU sebagai komunitas dan NU sebagai lembaga.

Baca juga: Tantangan Gus Yahya Jauhkan NU dari Politik Praktis

"Kalau orang NU dari komunitas, ya pasti banyak sekali yang ikut ke pemerintahan. Komunitas NU itu ukurannya ada separuh dari populasi muslim di Indonesia, jadi susah untuk mencari orang yang bukan NU," kata dia. Namun, jika mengacu ke lembaga, Gus Yahya mengatakan NU harus mengambil posisi dalam jarak yang cukup dengan pemerintah.

"Sehingga tetap siap mendukung agenda pemerintah yang membawa maslahat bagi masyarakat, tapi siap juga untuk memberikan kritik-kritik kepada pemerintah, membantu pemerintah untuk mengevaluasi kinerjanya," kata Gus Yahya. (Tribunnews)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gus Yahya Pastikan PBNU Siap Kritik Pemerintah Jika Ada Kebijakan Tak Berpihak Kepada Umat

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved