• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribun Gorontalo

Cekungan Sulawesi Diduga Simpan Cadangan Minyak

Rabu, 9 November 2011 14:34 WITA
Cekungan Sulawesi Diduga Simpan Cadangan Minyak
dok.tribun
ilustrasi
MANADO, TRIBUNGORONTALO.COM - Wilayah Provinsi Sulawesi Utara diduga menyimpan potensi cadangan minyak bumi yang terdapat di cekungan Sulawesi bagian utara. "Letaknya berbatasan dengan Kabupaten Sitaro. Di sana ada patahan yang cukup besar," kata Kepala Bidang Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Utara Kathreen Walukow di Manado, Rabu (9/11/2011).

Dia mengatakan, informasi potensi ini bersumber dari Kementerian ESDM yang saat itu masih berbentuk departemen. Informasi ini berdasarkan perkiraan cekungan sedimen yang diperoleh. "Namun yang jadi persoalan hingga saat ini adalah dugaan awal cadangan minyak bumi belum ditindaklanjuti. Memang butuh dana dan waktu untuk mengetahui dugaan tersebut karena prosesnya cukup panjang," kata Kathreen.

 menjelaskan, yang baru ditindaklanjuti adalah blok minyak di cekungan Teluk Tomini. Hanya saja, di cekungan tersebut potensi terbesar berada di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah. "Kami hanya memiliki sebagian kecil dari potensi tersebut karena hanya bersentuhan langsung Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur. Kami masih menunggu tindak lanjut dari kementerian ESDM untuk studi lebih lanjut cekungan Sulawesi," ujarnya.

Karena itu Kathreen berharap, ke depan dugaan potensi minyak bumi di cekungan Sulawesi dapat dikonkretkan. Apalagi daerah tidak memiliki cukup biaya untuk melakukan survei. "Informasi ini memang sudah cukup lama. Mudah-mudahan ke depan akan ada titik terangnya. Sekali lagi ini butuh biaya yang tidak sedikit dan daerah tidak punya cukup biaya untuk studi ini," katanya.

Padahal, menurut dia, bila potensi tersebut benar, akan menjadi sumber devisa negara dan pembangunan di Sulawesi Utara. "Provinsi Sulawesi Utara memang kaya sumber daya alam. Dan informasi potensi minyak di cekungan Sulawesi akan menjadi referensi bahwa daerah ini punya potensi tambang minyak yang harus digali lagi dan dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat," katanya.
(*/tribungorontalo.com)
Penulis: taufiq
Editor: taufiq
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2513 articles 40 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
berita POPULER
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas